T i t o g r a p h y

Ikon

Jejak Jemari Digital di Atas Kanvas Titography

Peran Internet Marketing terhadap Keberhasilan Bisnis

Suasana SharingMejeng Sik

Sekali lagi, TDA-NGalam ngadain kumpul-kumpul alias silaturahmi bisnis. Kali ini topik yang dipilih adalah sharing tentang internet branding yang disampaikan Pak Amar, owner PT. Link Media. Topik ini dipilih karena masih hangat-hangatnya setelah akhir januari lalu beliau mengikuti seminar SEO dan Internet Marketing di Bootcamp Bali selama 3 hari penuh langsung dari Bp. Nukman pendiri virtual.co.id

Bertempat di KaPeBe Sumbersari milik Mba Vivi, acara ini cukup “mendadak” berhasil digelar pada minggu sore tadi, dengan dihadiri sedikitnya 12 TDAers NGalam penuh semangat ala TDA.

Branding! Sebuah kata yang mutlak diperlukan setiap perusahaan untuk mengenalkan ke publik tentang bisnis atau produk kita. Salah satu yang efektif adalah branding di dunia maya, yang mempunyai berbagai kelebihan, praktis dapat diakses dari manapun, kapanpun, dan peluang pasar dunia.

Dalam proses branding, ada aturan yang mustinya diikuti. Tidak sekedar membangun sebuah web yang menarik, lalu titik!

Di balik itu, ada proses sequensial yg seharusnya dilalui, yaitu organisasi – branding – sales – (ah yg ke-4 lupa, ga nyatet sih, komen ya yg inget)  – baru kemudian dituangkan dalam bentuk website.

KlikBCA, adalah salah satu contoh produk yang berhasil. Produk ini begitu tepat membidik sasaran kebutuhan nasabahnya di era modern saat itu. Konsep ini benar-benar digodok mulai dari tingkat organisasi yakni kepada para direksi shg membentuk visi & misi yang jelas. Baru melalui proses-proses berikutnya tadi sampai pada tahap pembangunan website http://www.klikbca.com yang cukup sederhana tapi memenuhi kebutuhan nasabah selain kartu ATM yang akhirnya menjadi kalah praktis. Berhasil bukan berarti paling handal, secure/aman. (Jadi ingat peristiwa “pencurian data user & password” dulu yang memanfaatkan kecerobohan alami manusia). Tapi itu semua wajar, akan dihadapi dengan penemuan solusi-solusi baru.

Lain halnya untuk bisnis penjualan atau e-commerce, maka menjadi tidak berarti jika tidak ada publik yang mengetahui keberadaan website kita. Wah, lak gak payu, Rek!

Hasil pencarian dari searching engine semacam google, yahoo, MSN dll, menjadi point krusial. Halaman pertama adalah targetnya, halaman kedua masih ada chance. Halaman ketiga sudah sangat tipis keberhasilannya. Halaman berikutnya tidak diharapkan. Setiap mesin pencari mempunyai algoritma sendiri yang unik dan rahasia. Para SEO engineer selalu mencari trik-trik untuk dapat menghasilkan ranking tinggi pada search engine tadi.

Menuruk saya, banyak pembuat website (terutama yang membangun sendiri toko onlinenya) terjebak pada pola pikir dirinya sendiri. Kadang puas bahwa websitenya ada pada halaman dan baris pertama dengan kata kunci tertentu yang dia ketikkan. Mereka lupa bahwa apa yang meraka ketik (oleh pemilik sbg penjual dan pembuat situs) ketika melakukan tes pencarian, dan orang lain (sebagai customer) yang melakukan pencarian sesungguhnya, bisa jadi sangat bertolak belakang. Katakan dalam bisnis busana muslim. Mungkin si tester mengetik “busana muslim”, hasilnya masuk halaman pertama dengan urutan teratas. Tapi di lain pihak, potensial customernya tenyata justru kebanyakan mencari dengan kata kunci “baju sulam muslimah ukuran XXL merah”. Nah loo. Dipastikan urutannya jeblok. Di sini pentingnya test and measure, melihat histori yg sebenarnya terjadi (bisa dilakukan jika punya hosting sendiri). Semakin seringnya melakukan pemantauan sambil mereka-reka pola pikir customer, maka diharapkan kata kunci-apapun bisa mendongkrak ranking hasil seaching engine. Yang terakhir ini pendapat saya pribadi, benar tidaknya silakan dikomentari.

Selain itu kenyataannya banyak yang menggunakan trik-trik “curang” untuk mengelabui algoritma mesin pencari. Tapi risiko yang ditanggung sangat berat, hingga pada tahap black list, sehingga situs kita tidak akan pernah dimunculkan.

SEO ini merupakan point sangat penting dalam internet marketing, selain email (sejenis spam? – yg ini jangan deh, pantang meskipun menghasilkan) yg cukup berperan dalam konversi dari pengunjung menjadi loyal customer. Beberapa metoda lain juga ada seperti baliho, iklan baik dimedia cetak maupun elektronik. namun hasilnya ternyata tidak se-dahsyat dua tadi.

Diskusi yang berkembang kemudian juga menyinggung Google Adsense, Add Words, Page Rank, Affiliate, dan kroninya yg intinya mencari uang di internet.

Secara keseluruhan pertemuan tadi cukup hidup, antusias, banyak yang beminat mendalaminya untuk meng-internet_marketing-kan bisnisnya.

OK, ilmu bisnis akan selalu berkembang. Jika ingin jadi pemenang, bergeraklah terus dengan ide dan kreativitas sesuai tuntutan zaman.

Sampai ketemu di action TDA NGalam berikutnya.

Salam FUUUNtastic!

Iklan

Filed under: TDA Community,

2 Responses

  1. rwinciyin berkata:

    saking seru acranya,molor mpe malem…tapi bermanfaat banget.
    thanks buat masukan keyword “dekorasi”

  2. prima berkata:

    saat itu, adalah pertama kali aku ikutan acara TDA secara offline, Alhamdulillah tambah wawasan dan temen baru 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Top Rating

Klik tertinggi

  • Tidak ada

TitoTweets

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

%d blogger menyukai ini: